Wednesday, September 27, 2017

Hari Pariwisata Dunia 2017 Di Sulbar Diperingati Di Pulau Karamasang, Polewali Mandar

Hari Pariwisata Dunia (world tourism day) diperingati setiap tanggal 27 September oleh Organisasi Pariwisata Dunia sejak tahun 1980. Berdasarkan sejarah singkat, hari ini dipilih karena Pada hari yang sama tahun 1980, anggaran dasar Organisasi Pariwisata Dunia (world Tourism Organization) atau biasa di singkat UNWTO dirancang. Peringatan hari pariwisata dunia bertujuan untuk mendorong kesadaran masyarakat internasional akan pentingnya pariwisata dan nilai budaya, politik dan ekonomi sosial. 

Selasa/26 September 2017, di bagian barat pulau Sulawesi tepatnya di kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, segelintir pemuda dari Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar (Kompadansa Mandar/KDM) melakukan sebuah kegiatan trip ke salah satu pulau di Polewali Mandar yaitu pulau Karamasang dengan tujuan memperingati hari pariwisata dunia pada tanggal 27 September (hari ini). Pada kegiatan tersebut, pemuda KDM tidak hanya sekedar menikmati perjalanan trip saja tapi juga melakukan bincang-bincang  dan diskusi lepas seputar perkembangan pariwisata di Polewali Mandar sesuai dengan tema hari pariwisata dunia 2017 yaitu pariwisata berkelanjutan merupakan sebuah alat pengembangan atau pembangunan (Sustainable Tourism a Tool for Development)

Trip dan diskusi lepas menghadirkan Ridwan Rido, staf dari Bagian Promosi Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Polewali Mandar. Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh Muhammad Rakhmat, dari bagian Pengendalian Kebakaran Hutan Wilayah kec. Mapilli kab. Polman, serta Muchtar Mappagala, kepala UPTD Balai Benih Padi Lantora Kab. Polewali Mandar.

hari pariwisata dunia 2017 sulawesi barat
Hari pariwisata dunia di Sulawesi Barat di pulau Karamasang, Kab. Polewali Mandar
Dari hasil diskusi lepas tersebut, sebagai pemuda daerah Polewali Mandar, member KDM berkomitmen untuk terus dan lebih giat lagi dalam melakukan upaya-upaya pengembangan yang berkelanjutan di bidang pariwisata baik secara konservasi, edukasi, sosialisasi dan rehabilitasi. Tak terasa sore pun tiba, sebelum perjalanan pulang dari pulau karamasang tersebut, member KDM menyempatkan melakukan aksi bersih-bersih di sepanjang rute pendakian menuju puncak pulau Karamasang.

Kontributor :
Foto : Ayub Kai
Teks : Ayub Kai

Post a Comment

Start typing and press Enter to search